Rss Feed

Sindrom Ujian Tengah Semester ala Kosan Mahasiswi Tingkat 2

Banyak sekali kegiatan yang tidak  wajar terjadi saat menjelang UTS, selama UTS, dan akhir UTS. Benar-benar kegiatan yang sangat jarang dilakukan pada hari kuliah aktif biasa. Setiap kegiatan memiliki makna sendiri dan membuat semua penghuni tertular efek kuat dari kegiatan tersebut.
1.      Sebelum UTS, mahasiswi cenderung sering mengeluh.
Example :
a.       “Aduuuh, ujian udah seminggu lagi nih. Gue belum ngerti apa-apa dari setiap mata kuliah. Mampus de gue”. Saat ada yang berkata demikian, yang lain rata-rata akan menjawab, “Iya ni, gue juga belum ngerti. Gimana dong? Ih, parah banget yak! Apalagi mata kuliah …., sumpah gue gak ngerti”.
b.      “Nafsu makan gue meningkat menjelang ujian, hahaha. Gapapa lah, sekali-kali.demi ujian ni biar ga sakit”. Cewek lain yang dengar pernyataan ini, rata-rata menjawab, “Sama. Tapi gapapa, kan nanti energinya juga dipake buat mikir. Demi ujian doing”.
2.      Sebelum UTS, mahasiswa lebih sering mengurung diri di kamarnya masing-masing. Entah tidur atau belajar, yang pasti selama kurang lebih 3 hari sebelum ujian dimulai, suasana kosan sunyi senyap.
3.      Nafsu makan meningkat. Sehari biasanya makan 2 kali, saat sebelum UTS bisa-bisa makan sampai lebih dari 3 kali.
4.      Lauk saat makan lebih beragam dari hari biasanya.
5.      Banyak nyemil.
6.      Sering dan hampir tiap malam bikin kopi atau semacamnya.
7.      Kurva nonton TV menurun.
8.      Pembayaran listrik menurun.
9.      Jadwal tidur berantakan.
10.  Mata setiap individu laksana mata panda, berkantung dan sedikit berwarna gelap akibat kurangnya jam tidur.
Lucunya, saat 2 hari ujian terlewati di minggu pertama, hari-hari ujian berikutnya semua kegiatan di atas sedikit tidak berlaku.
1.      Frekuensi nonton TV kembali meningkat sampai normal. Tetapi ada jam-jam tertentu. Mahasiswi cenderung keluar kamar pukul 17.00-19.00 untuk nonton dan makan malam. Seketika, semuanya akan masuk lagi ke kamar masing-masing sampai pukul 21.00. kemudian semuanya akan nonton lagi sampai kurang lebih pukul 23.00. lalu akan melakukan ritual cewek sebelum tidur dan kembali masuk kamar masing-masing.
2.      Biasanya dalam kesunyian saat semuanya di kamar, ada suara-suara yang memecah keheningan.
Example : “Aduh, soalnya susah banget si”, “Aduh, dari tadi belajar ga ada yang masuk ni”, “Besok ujian apaan lo?”, “Kenapa harus belajar mata kuliah ini? Bête”, dan masih banyak lagi yang anneh-aneh.
3.      Antara jam 2.00 – 5. 00, bunyi alarm akan sering terdengar dari masing-masing kamar. Entah bangun atau tidak mendengar alarmnya berbunyi, yang pasti akan ada saat semua alarm berbunyi dan bikin keributan di komplek.
4.      Jadwal makan semakin padat saja.
5.      Kepala mulai pusing karena kurang tidur.
6.      Persediaan cemilan semakin meningkat.
7.      Sering lapar dan haus.
8.      Selalu mengeluh bahwa kurang tidur.

Sepertinya, baru ini saja yang bisa diamati. Mungkin suatu saat semua hal aneh ini akan bertambah… :D

0 comments: